Jumat, 15 April 2011

Cantik dan Rileks dengan Jeruk


Gadis Cantik

Selain dimakan untuk alasan kesehatan, jeruk juga bermanfaat untuk kecantikan. Vitamin C yang terdapat dalam jeruk sangat banyak manfaatnya untuk kulit kita.

Vitamin C kini dikenal sebagai antioksidan. Selain melindungi kulit dari pengaruh buruk radikal bebas, juga memperkuat sel-sel kulit, sehingga sel-sel kulit dapat lebih cepat memperbaiki jaringan yang rusak karena pengaruh radikal bebas. Selain itu, kandungan asam yang terdapat pada vitamin C juga mampu menipiskan tumpukan kulit mati yang menimbun pada kulit. Dengan menipisnya kulit mati ini, maka penyumbatan pada pori-pori pun berkurang. Hal ini baik terutama untuk jenis kulit berminyak/berjerawat.

Selain untuk dimakan, kamu juga bisa memanfaatkan jeruk dengan cara seperti ini:
  • Mandi: Jika di pagi hari kamu merasakan malas dan tidak bersemangat, coba mandi dengan sabun beraroma jeruk. Aroma lime atau jeruk nipis, misalnya, sangat baik untuk membangkitkan semangat. Sebaliknya, jika merasa lelah seusai beraktivitas sehari penuh, wewangian jeruk dapat membantu menenangkan dan menyamankan tubuh.
  • Menyejukkan Kulit Kepala: Di hari yang sangat panas cobalah membuat campuran tonik rambut dengan sari jeruk nipis atau lemon. Simpan di lemari es sampai terasa sejuk, kemudian gunakan pada kepala dan pijit dengan gerakan memutar. Selain dapat menyejukkan kulit kepala, cara ini juga membantu untuk mengendalikan ketombe.
  • Mengatasi Masalah Kaki: Potongan jeruk, terutama jeruk sitrun maupun lemon, dapat mengatasi masalah kaki membengkak, terutama karena terlalu lelah. Bersihkan kaki hingga bersih, lalu rendam dalam air hangat yang ditetesi citrus oil atau lemon oil. Bisa juga menaruh potongan-potongan lemon segar pada air rendaman tersebut, atau mengompres kaki dengan potongan buah tersebut.
  • Menghaluskan Kulit: Buah lemon atau jeruk nipis dapat membantu mengatasi masalah kulit kasar mengeras dan berwarna kehitaman. Gosoklah bagian yang mengeras dengan batu apung atau scrub. Kemudian, gosokkan potongan lemon pada bagian yang mengeras dan gunakan pelembap. Lakukan dengan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar